Istilah-istilah Dalam Internet

 Halo.... Saat ini saya akan menjelaskan beberapa istiliah-istilah yang dipakai dalam internet :)

Yosia Rumamti Ezer


Pertama, PAN (Personal Area Network)

Jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut. Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi)




Kedua, LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah suatu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal, dalam artian, jaringan ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang berada di area LAN saja.  Komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, warnet, kantor adalah salah satu contoh penggunaan jaringan LAN



Ketiga, MAN (Metropolitan Area Network)



jaringan dengan area lebih luas dari LAN, dapat terdiri atas dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas-batas tertentu, misalnya dalam suatu kawasan metropolitan atau satu kota








Keempat, WAN (Wide Area Network)


jaringan komputer yang memiliki jangkauan paling luas dibandingkan MAN dan LAN. WAN mencakup jarak antar Negara dan Benua. Jaringan WAN menggunakan media bermacam-macam, bisa melalui transmisi seperti telepon, kabel bawah laut atau satelit.






Kelima, VPN (Virtual Private Network)






Jaringan yang sebagian di antaranya terhubung dengan internet, tetapi di sisi lain lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami pengacakan (proses enkripsi) sehingga mengakibatkan network secara private/virtual (tertutup).








Keenam, Wi-Fi (Wirelles Fidelity)


Bentuk transfer data untuk mengakses internet yang dilakukan secara nirkabel (tanpa kabel)

Komentar

Postingan populer dari blog ini